4 Kode Misterius Dalam Sejarah
Gambar oleh Stefan Keller dari Pixabay
Kita tahu bahwa sejarah selalu meninggalkan naskah, kode, dan sinyal dengan beragam makna. Tapi beberapa di antaranya telah berhasil diungkap maknanya oleh manusia, namun tak jarang banyak juga yang masih misterius. Inilah 4 naskah dan kode paling misterius yang belum berhasil diuraikan maknanya seperti disusun Mother Nature Network.

RONGORONGO

RONGRONGO
Rongorongo
4 Kode Misterius Dalam Sejarah - Merupakan sebuah sistem penulisan misterius yang ditemukan dalam berbagai artefak di Pulau Paskah. Banyak orang yang eprcaya bahwa rongorongo mewakili sistem dari tulisan atau proto-tulisan yang mewakili satu dari sekitar tiga atau empat penemuan mengenai asal mula tulisan yang diproduksi manusia. Sistem penulisan Rongorongo ini hingga kini belum terpecahkan. Padahal, rongorongo bisa saja menjadi jawaban atas misteri runtuhnya patung dan bangunan di Pulau Paskah.


MANUSKRIP VOYNICH

MANUSKRIP VOYNICH
Manuskrip Voynich
Merupakan buku setebal 240 halaman yang hingga kini tidak diketahui asal usulnya. Para ahli memperkirakan buku ini ditulis antara tahun 1404 hingga 1438. Namun, mereka belum mengetahui siapa penulis dan apa alasan buku ini ditulis.

Voynich Manuscript ditulis dengan bahasa asing dan dilengkapi dengan gambar-gambar tanaman yang aneh. Ada banyak teori yang memperkirakan asal usul serta fungsi Voynich Manuscript. Beberapa percaya bahwa buku ini adalah farmakope, yakni buku standar obat yang menguraikan bahan obat-obatan sekaligus khasiatnya. Ilustrasi gambar yang tampak seperti kombinasi antara benda astronomi dan tanaman membuat beberapa orang lain percaya bahwa Voynich Manuscript adalah terkait alien.


GEORGIA GUIDESTONE

GEORGIA GUDESTONE
Georgia Guidestone
Atau biasa disebut American Stonehenge, adalah sebuah monumen yang dibangun di Elbert Country, Georgia, pada tahun 1979. Monumen Georgia Guidestone ini berisi "10 perjanjian baru" untuk "masa rasionalitas". Lebih uniknya lagi, perintah ini justru ditulis dengan menggunakan delapan bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Swahili, Hindi, Ibrani, Arab, China, dan Rusia. Meskipun monumen ini tidak memiliki pesan tersembunyi asal dan tujuannya masih menjadi misteri. Diketahui, perintah ini dibuat oleh seorang pria yang menggunakan nama samaran RC Christian.

Perintah pertama dalam monumen ini memiliki arti: Pertahankan umat manusia dibawah 500.000.000 dalam keseimbangan abadi dengan alam. Perintah pertama ini menjadi sangat kontroversial karena dianggap menjadi penanda akan adanya sebuah bencana yang akan mengurangi jumlah umat manusia sehingga jumlahnya hanya menjadi 500 juta. Bahkan, beberapa pihak percaya jika monumen ini didesain oleh perkumpulan rahasia Lucifer yang mengharapkan adanya sebuah dunia baru.


KRYPTOS

KRYPTOS
Kryptos
Merupakan sebuah pahatan sandi yang didesain oleh seniman bernama Jim Samborn. Pahatan Kryptos ini terdiri dari empat prasasti dan kini terletak tepat di depan markas besar CIA di Langley. Tiga dari empat prasasti telah berhasil dipecahkan. Namun, prasasti keempat masih menjadi Misteri.



2013. Majalah Misteri Edisi 568. Jakarta: Yayasan Sinar Berdiri Jaya.